Thursday, June 16, 2011

Sahabat yang dijanjikan Syurga

1) ABU BAKAR R.A
" kita menemukan kedermawanan dalam Taqwa (kesedaran akan Allah), kekayaan dalam Yaqin (kepastian) dan kemuliaan dalam kerendahan hati"

2) UMAR AL-KHATTAB
Umar bin Al-khattab: " sesungguhnya kita adalah kaum yang dimuliakan oleh Allah dengan Islam maka janganlah kita mencari kemuliaan dengan selainnya."

3) SAIDINA USMAN BIN AFFAN

Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Aisyah bertanya kepada Rasulullah saw, " Abu Bakar masuk tapi engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus, lalu Umar masuk pun engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus. Akan tetapi ketika Usthman masuk engkau terus duduk dan mebetulkan pakaian, mengapa? " Rasulullah menjawab " Apakah aku tidak malu terhadap orang yang malaikat saja yang malu kepadanya?"

4) SAIDINA ALI R.A

Rasulullah sangat mencintai Ali dan selalu memujinya, pernah beliau bersabda kepadanya : "Engkau adalah bagian dariku dan Aku adalah bagian darimu." (al-Bukhari)

5) ZUBAIR AL-AWWAM

" Walaupun antara saya dan Rasullullah saw memiliki hubungan keluarga dan kerabat namun saya pernah mendengar beliau bersabda,'Barangsiapa yang berkata dusta atasku dengan sengaja, maka akan ditempatkan di neraka.' (albukhari). karena itu dia sangat takut meriwayatkan hadisth yang tidak pernah diucapkan oleh Rasulullah saw sehingga tergelincir ke dalam neraka.

6) THALHAH BIN ABDULLAH

Saat berkecamuk perang Uhud, Thalhah ikut serta. Di arena yang tersebut ia menderita luka parah. dia menjadikan dirinya sebuah perisai buat Rasulullah dan mengalihkan panah yang akan menancapkan diri Nabi dengan tangannya. sehingga semua jari-jarinya putus.

7) SAAD BIN ABI WAQASS

Sa'ad mengatakan,"Ibadah yang aku kerjakan juga dikerjakan yang lain, kecuali aku tidak pernah menaruh dendam atau berniat jahat terhadap kaum muslimin."

8) SA'ID BIN ZAID

" Wahai Allah, jika engkau mengharamkan aku dari agama yang lurus ini, janganlah anakku Sa'id diharamkan pula daripadanya." ( doa Zaid untuk anaknya Said)

9) ABD RAHMAN BIN AUF

Saat diberitak Rasulullah bahwa dirinya dijamin masuk ke syurga, semangat sedekahnya makin membara. Tak kurang dari 40000 dirham perak, 40000 dirham emas, 500 kua perang, dan 1500 unta ia sumbangkan untuk perjuangan Islam.

10) ABU UBAIDAH BIN JARRAH

Rasulullah pernah memberikan pernyataan tentang Abu Ubaidah ." sesungguhnya setiap umat mempunyai orang kepercayaan, dan sesungguhnya kepercayaan umat ini adalah Abu Ubaidah," begitu kata Rasulullah. Abu Ubaidah orang yang amanah dan jujur dalam berperilaku.


jpci

mereka semua walaupun diberi jaminan akan masuk syurga, makin banyak amalan mereka lakukan. kita macam mana pula?

No comments: